Menjamin Konsistensi Kualitas kegiatan Perpustakaa

Tim Assesor Perpusnas RI Lakukan Penilaian  Perpustakaan Pelita hati SMAN 7 Pekanbaru

tim assesor dari pihak Perpustakaan Nasional (Perpusnas) foto bersama usai melakukan penilaian perpustakaan SMA N 7 Selasa (18/12).

PEKANBARU-- (KIBLATRIAU. COM) -- Dua orang tim assesor dari pihak Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI melakukan akreditasi/penilaian dan pembinaan perpustkaan pelita hati SMAN 7 Pekanbaru, Selasa (18/12). 

Agung Sujatmiko selaku  tim Perpusnas RI, mengatakan, bahwa penilaian dan pembinaan perpustakaan sekolah yang dilakukan oleh tim Perpusnas RI di SMAN 7 Pekanbaru dalam rangka melakukan akredistasi perpustakaan sekolah. Ada enam sekolah yang dilakukan akrediatasi oleh Perpusnas RI di Pekanbaru, salah satunya adalah perpustakaan di SMAN 7 Kotq Pekanbaru. 

Dikatakan Agung,  dalam akreditasi perpustkaan sekolah ini, pihaknya hanya menilai dan ini sifatnya pembinaan. Karena ada regulasi dan Undang-undang tentang perpustakaan. Oleh sebab itu, perpustakaan sekolah saat ini harus sesuai dan mengikuti standar perpustakaan Nasional. 

'Kalau mereka sudah mengikuti, istilahnya meraka sudah patuh terhadap azas UU tentang perpustakaan. Sudah sesuai dengan srandar perpustakaan Nasional. Hal itu sesuai dengan amat UU tentang perpustakaan,"ujar. Agung. 

Ditambahkan Agung,  perpustakaan di SMAN 7 ini luar biasa. Kelihatan sederhana tetapi lengkap dalam instrumennya memenuhi. Ini diatas standar. Secara umum sudah terekreditasi. Saya rasa SMAN 7 ini sudah bisa mendapatkan nilai A perpustakaannya.

"Karena semua prestasi dimulai dari perpustakaan. Sebab , perpustakaan adalah jantungnya sekolah, jika perpustakaan terakreditasi dan memenuhi standar nasional tentunya kedepan apa yg di inginkan dicita-citakan sesuai dengan harapan, " ungkap Agung. 

Lebih jauh diterangkan Agung  tujuan dilakukannya akreditasi perpustakaan adalah untuk meningkatkan kepercayaan pemustakaan terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan. Sedangkan manfaat yang didapat dari akreditasi bagi perpustakaan adalah meningkatkan motivasi semua unsur yang terlibat dalam pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan kinerjanya.

Tim assesor Perpustkaan Nasional RI, Darwanto menambahkan,  pihaknya disini mengukur apakah standar perpustkaan di sekolah sudah sesuai dengan standar perpustakaan Nasional atau belum. Dengan data-data verifikasi yang telah dilakukan ini, kemudian nanti direkomendasikan nilainya apa.

"Harapan kita perpustkaan di SMAN 7 kedepan  selalu  tumbuh dan  berkembang.Mudah-mudahan kedepan SMAN 7 semakin baik lagi, " harap  Darwanto. 

Kepala SMAN 7 Pekanbaru, Hj Nurhafni MPd, mengucapkan terimakasih kepada tim yang sudah membantu untuk mempersiapkan akreditasi perpustakaan di SMAN 7 agar lebih baik lagi yang tentunya telah memenuhi perpustakaan standar Nasional.

 "Mudah- mudahan mendapatkan hasil yang baik lagi. Dengan begitu,  apa yang menjadi cita cita dan harapan kita bisa tercapai dengan maksimal, " harap Nurhafni.(Kim)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar